Senin, Oktober 24, 2011

Opera

Sejarah Opera
Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu Mosaic mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat bowsing. Oleh karena itu, grup ini tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.
Diinspirasikan oleh proyek ODA, mereka melihat untuk membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan disitulah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas Internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.
Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit “nakal” karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.
No. Versi Opera Tahun Terbit Fungsi/kelebihan
1 versi 2.0 1996 yang hanya beroperasi pada Microsoft Windows
2 Versi 4.0 2000 menampilkan core cross-platform baru yang memfasilitasi
pembuatan versi Opera untuk beberapa sistem operasi dan platform.
3 Versi 5.0 2000 merupakan versi trialware yang terakhir
4 versi 8.5 2005 iklan telah dihapus seluruhnya dan dukungan finansial utama untuk
Opera datang melalui Google
5 versi 9.1 2006 fitur-fitur baru yang diperkenalkan adalah pelindung penipuan
(fraud protection) yang menggunakan teknologi dari GeoTrust,
penyedia sertifikat digital, dan PhishTank
6 versi 9.5 2006 ketika GeoTrust digantikan dengan Netcraft, dan perlindungan

malware dari Haute Secure telah ditambahkan
7 versi 10.50 2009 versi tersebut mulanya ditujukan untuk Windows saja.

Lalu, Opera untuk Mac hadir
8 Versi 10.60 2010 dengan tabahan gitur yang baik

Pengertian Opera
Opera adalah peramban web/aplikas web dan perangkat lunak Internet. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Opera dikenal memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh pramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar